Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyelenggarakan Aqiqah

layanan jasa aqiqah

Seorang anak yang lahir dalam ajaran Islam biasanya disembelihkan kambing atau domba sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Acara ini disebut sebagai aqiqah. Dalam ajaran Islam, Rasulullah mencontohkan bahwa setelah anak lahir diadakan acara aqiqah. Untuk pelaksanaan ibadah aqiqah ini sendiri pun dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Namun juga bisa dilakukan pada hari ke-14 atau ke-21 setelah anak lahir. Bagi orang tua yang mampu secara finansial, maka diharuskan untuk melakukan ibadah aqiqah di hari ketujuh setelah anak lahir. Akan tetapi jika memang belum cukup secara finansial, maka bisa diganti di lain hari. Bahkan anak yang sudah dewasa bisa mengakikahkan dirinya sendiri ketika sudah mampu.

Pertimbangkan Hal ini Saat Menyelenggarakan Aqiqah

Orang tua yang ingin melaksanakan ibadah aqiqah tanpa ribet menyembelih atau memasak kini sudah ada solusinya. Ya, layanan aqiqah yang merajalela kini sudah banyak dimanfaatkan oleh para orang tua. Dengan memesan paket akikah, maka orang tua tidak harus repot membeli bumbu dan lainnya. Sebab semua proses penyembelihan dan mengolah dikerjakan oleh jasa aqiqah.

Bagi orang tua yang ingin melaksanakan ibadah aqiqah. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu.

  1. Jumlah Kambing Aqiqah

Aisyah berkata jika Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad]

Dari hadits diatas sudah dijelaskan dengan baik bahwa terdapat perbedaan jumlah kambing untuk jenis kelamin anak. Oleh sebab itulah, sebelum melakukan akikah, orang tua harus tahu berapa jumlah kambing atau domba yang akan disembelih. Hal ini pun juga berkaitan dengan jenis kelamin kambing mana yang akan digunakan untuk acara aqiqah. Umumnya kambing atau domba jantan yang paling banyak digunakan untuk aqiqah. Namun jika ingin lebih hemat, maka bisa menggunakan kambing atau domba betina saja.

  1. Jumlah Tamu Undangan

Apabila Anda ingin menyelenggarakan acara aqiqah dengan mengundang tamu. Misalnya tetangga, kerabat dan teman-teman. Maka harus diperhatikan siapa saja yang diundang dan jumlahnya. Dengan mengetahui jumlah tamu yang diundang, maka bisa lebih mudah dalam membuat anggaran. Jangan sampai anggaran yang sudah disusun dengan baik terpatahkan karena mengundang tamu dalam jumlah banyak. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika membuat pertimbangan dengan baik berapa jumlah tamu yang akan diundang.

  1. Menu Aqiqah

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik menu akikah mana yang akan disajikan untuk tamu undangan atau dibagikan. Menu umum yang paling banyak digunakan untuk acara aqiqah adalah sate, gulai, dan tongseng. Namun masih ada menu lain yang cukup menggugah selera. Yakni nasi kebuli. Dimana nasi ini banyak ditemukan di Timur Tengah dengan potongan daging kambing. Tetapi saat ini sudah banyak dijumpai di Indonesia dan banyak dijadikan menu aqiqah di banyak layanan aqiqah. Pastikan dengan baik bahwa menu yang dipilih ini sudah sesuai dengan selera dan mampu memuaskan tamu undangan atau yang diberikan nasi kotak aqiqah.

  1. Jumlah Nasi Kotak

Jika Anda memesan paket akikah di layanan jasa, sangat penting juga untuk mempertimbangkan jumlah nasi kotak yang dipesan. Sebab tiap-tiap layanan jasa aqiqah bisa memberikan jumlah nasi box yang berbeda-beda. Ada yang bisa memberikan mulai dari 50, 80, dan 100 box. Pemilihan paket aqiqah ini pun juga harus disesuaikan dengan jumlah orang yang akan diberi. Jangan sampai nantinya kekurangan. Apabila kelebihan pun tidak masalah, berarti masih bisa memberikan kepada yang lainnya.

  1. Menyusun Anggaran

Hal lain yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah dari penyusunan anggaran. Anda harus mengumpulkan anggaran dari awal kehamilan istri. Ini dimaksudkan supaya anggaran terkumpul dalam jumlah cukup. Sebab pastinya menjelang lahiran akan membutuhkan anggaran yang cukup banyak. Oleh sebab itulah, harus dipastikan dengan baik seberapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan. Dalam penyusunan anggaran ini, Anda juga harus membuat anggaran dadakan. Sebab terkadang kita membutuhkan keperluan-keperluan yang mendadak.

  1. Pemilihan Jasa Aqiqah

Untuk orang tua yang ingin memesan paket aqiqah karena tidak ingin repot. Maka harus bisa memilih jasa aqiqah yang berpengalaman dan terpercaya. Dengan begitu nantinya bisa lebih aman dan nyaman selama pemesanan. Selain itu juga bisa mendapatkan pesanan aqiqah yang sesuai keinginan pastinya. Dalam pemilihan jasa aqiqah ini pastikan untuk tidak mudah tergoda dengan penawaran harga murah.

Tips Memilih Jasa Aqiqah yang Berpengalaman

Pemilihan Jasa Aqiqah memang tidak bisa asal, karena belum tentu bisa mendapatkan yang sesuai keinginan dan terpercaya. Untuk Anda yang merasa kesulitan untuk memilih jasa aqiqah terbaik seperti apa. Berikut ini ada beberapa tips untuk pemilihan supaya bisa mendapatkan jasa aqiqah terbaik.

  • Membuat Daftar Jasa Aqiqah

Langkah pertama adalah membuat daftar jasa aqiqah di sekitar lokasi tempat tinggal. Setidaknya Anda harus memiliki 2 – 3 daftar jasa aqiqah yang bisa dipertimbangkan. Jadi misalnya ada satu jasa aqiqah yang tidak sesuai kriteria, maka bisa pindah lainnya. Ada baiknya dimulai dari lokasi terdekat lalu jauh. Ini dimaksudkan supaya ketika ingin mengunjungi lokasi jasa aqiqah tidak terlalu jauh. Selain itu nantinya bisa menghemat biaya pengiriman pastinya.

  • Mengetahui Legalitas Usaha

Perlu diketahui bahwa jasa aqiqah bukanlah jasa yang bisa didirikan begitu saja. Jasa aqiqah yang berdiri harus memiliki surat izin terlebih dahulu. Ini dikarenakan aqiqah berhubungan dengan syariat Islam dan prosesinya harus sesuai syariat. Oleh sebab itulah, pastikan dengan baik apakah jasa aqiqah yang akan diajak kerjasama memiliki legalitas usaha atau tidak. Selain itu juga pastikan untuk tahu kredibilitasnya seperti apa. Kredibilitas usaha ini bisa dilihat dari jumlah orang yang sudah melakukan pemesanan dan testimoni. Semakin banyak testimoni yang didapatkan, artinya jasa tersebut sudah berpengalaman.

  • Memastikan Menu Aqiqah

Selanjutnya adalah memastikan menu aqiqah apa saja yang bisa ditawarkan. Jasa aqiqah yang berpengalaman pastinya akan menyediakan berbagai macam menu aqiqah. Mulai dari sate, gulai, tongseng, dan masih banyak lainnya. Dengan beragam menu aqiqah yang ditawarkan ini akan membuat pemesan bisa lebih leluasa ketika ingin memilih. Biasanya menu aqiqah ini terbagi ke dalam beberapa paket aqiqah yang dipatok dengan harga nett. Jadi nantinya konsumen bisa memilih paket dan menu yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran yang tersedia tentunya.

  • Memiliki Pengiriman Sendiri

Dengan adanya pengiriman sendiri artinya bisa meminimalisir kemacetan di jalan. Selain itu juga memberikan nilai kepercayaan lebih pada jasa aqiqah tersebut. Biasanya jasa aqiqah yang memiliki armada sendiri untuk pengiriman paket aqiqah ke konsumen bisa memberikan gratis pengiriman. Namun jika sudah lebih dari target jarak pengiriman akan dikenakan biaya tambahan. Tentu hal ini akan menjadi salah satu kelebihan jasa tersebut ketika dipilih oleh konsumen.